Pages

Contoh Unsur Kebudayaan Pengetahuan

Unsur Kebudayaan  Pengetahuan

Contoh unsur kebudayaan dari pengetahuan yang ada di desa Kedungwaru kidul, salah satunya adalah pengetahuan tentang Pranata Mangsa atau aturan waktu musim digunakan oleh petani di pedesaan khususnya petani di desa Kedungwaru Kidul Karanganyar Demak.

1.      Bentuk
Bentuk dari pengetahuan masyarakat desa Kedungwaru Kidul tentang Pranata Mangsa aturan waktu musim digunakan oleh petani di pedesaan yang didasarkan pada naluri dari leluhur dan dipakai sebagai patokan untuk mengolah pertanian. Misalnya urutan pranata mangsa Kasa berumur 41 hari (22 Juni – 1 Agustus). Pada masa ini, para petani membakar dami yang tertinggal di sawah dan di masa ini dimulai menanam palawija.










2.      Fungsi
Pengetahuan Pranata Mangsa ini oleh para petani berfungsi untuk memberikan arahan kepada petani dalam bercocok tanam dengan mengikuti tanda-tanda alam dalam mangsa yang bersangkutan, tidak memanfaatkan lahan seenaknya sendiri meskipun sarana prasarana mendukung seperti misalnya air dan saluran irigasinya. Melalui perhitungan pranata mangsa maka alam dapat menjaga keseimbangannya.

3.      Makna

Pengetahuan Pranata Mangsa ini memiliki makna, Pranata yang berarti aturan, Mangsa berarti waktu atau musim. Pranata mangsa bermakna aturan waktu musim yang digunakan petani dalam menggunakan lahan untuk bercocok tanam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Contoh Unsur Kebudayaan Pengetahuan"