Pages

Contoh Unsur Kebudayaan Sistem Organisasi Kemasyarakatan

Unsur Kebudayaan  Sistem Organisasi Kemasyarakatan

Contoh unsur kebudayaan dari sistem organisasi kemasyarakatan yang ada di desa Kedungwaru kidul, salah satunya adalah rewang.  Rewang biasanya dilakukan secara bersama – sama atau berkelompok di tempat kerabat atau tetangga yang sedang memiliki suatu acara.


1.      Bentuk
Unsur kebudayaan dari sistem organisasi kemasyarakatan salah satunya yaitu rewang. Yang berbentuk bantuan pekerjaan ataupun kegiatan yang dilaksanakan secara bersama – sama atau berkelompok dengan cara membantu kerabat atau tetangga sekitar yang sedang memiliki acara seperti pernikahan, syukuran, puputan, ataupun acara lainnya.

2.      Fungsi
Kegiatan rewang memiliki fungsi untuk memberikan bantuan kepada kerabat atau tetangga yang sedang memiliki suatu acara. Kegiatan rewang yang dilakukan dalam suatu perkumpulan ataupun acara yang dilaksanakan oleh kerabat atau tetangga  memiliki fungsi sebagai sarana untuk memupuk rasa persaudaraan dan mempererat tali silaturrahmi diantara warga lainnya.

3.      Makna

Rewang merupakan suatu bahasa Jawa halus atau krama inggil yang berarti bantu. Dalam hal ini, kegiatan rewang memiliki makna orang yang sedang melakukan bantu – bantu, yaitu membantu orang lain yang sedang memiliki kegiatan atau acara yang sekiranya membutuhkan bantuan orang lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Contoh Unsur Kebudayaan Sistem Organisasi Kemasyarakatan"